Kembang Abang "KOMUNITAS BANYU UMUP" Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta Surabya



KEMBANG ABANG
Koreogrfer           : Dian Erisendi
                                 Endang Kumala Ratih
Peraga Tari         : Dimas Bagus Atmananto
                                Miftahul Jannah
                                Eki Cista
                                Dsb.
Komposer          : Komunitas Banyu Umup
Sinopsis :

Kedamaian bumi blambangan mulai terusik karena datangnya Company. Namun sang pribumi tidak tinggal diam mempertahankan bumi Blambangan. Gandrung tidak hanya sebagai hiburan, namun juga sebagai taktik merobohkan company.
“kembang abang ring pasiban”
“Mbah teji jare paman miangan nginum”
Gandrung Pejuang Bumi Blambangan!!

Kembang Abang
Kembang berarti keindahan Abang berarti darah, dalam kaya tari ini keindahan dapat membunuh. Indah tidak hanya karena di lihat tetapi indah juga dapat membunuh. Contohnya, gandrung merupakan sebuah tarian yang menjadi hiburan masyarakat.
Mas Dian Erisendi mengatakan “Saat ini gandrung hanya diangkat sebagai tarian hiburan, padahal dahulu gandrung digunakan untuk menakhlukkan penjajah. Ada beberapa gandrung yang sudah di angkat seperti gandrung marsan.”

Para sesepuh banyuwangi mengatakan bahwa gandrung sebagai strategi untuk mengalahkan para penjajah (dalam buku babad bumi blambangan)

Gending memakai gending Seblang...

Dalam awal garap tari pada adegan pertama menggambarkan bahwa masyarakat bumi blambangan memiliki aktifitas bertani saat di pagi hari. Saat didatangi para penjajah masyarakat blambangan mengatur siasat. Masyarakat blambangan pun pura – pura meninggal untuk mengelabuhi para penjajah. Saat melarikan diri setelah di serang masyarakat blambangan memikirkan strategi penyerangan terhadap penjajah. Masyarakat blambangan berfikir, jika kita maju sebagai petani masyarakat blambangan pun akan habis di bunuh oleh para penjajah. Sehingga munculah strategi Gandrung sebagai alat untuk menakhlukkan para penjajah.


Menurut Dian Erisendi pendapat dari karya yang di garap masih kurang mencapai target yang sebenernya, tetapi pada saat di atas panggung para penari mencapai maximal pada hari itu. Dalam karyan ini jika dapat kita mendalami akan merasakan bagaimana sakralnya tarian ini. Pemain musik dan para penaripun saat musik terakhir di mainkan dengan kata Seblang... Seblang... mengingatkan mereka bagaimana perjuangan masyarakat banyuwangi dalam menghadapi para penjajah.  

Berikut merupakan Cuplikan Gambar Kembang Abang.




Trimakasih sudah mengunjungi blog Seni Tari Jawa Timur. 
Jangan lupa Follow : 
IG : stkw_tari 
SALAM BUDAYA !!!  
Kunjungi youtube STKW_Tari 
Dan tonton vidio Tari Kembang Abang 
Link 👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇
https://youtu.be/rygMwjit2_0

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TARI ARIMBI