Matakuliah Estetika Tari
Dosen : lilis lestari, S. Sn., M. Pd.
Disusun Oleh :

Ni’matus Sa’diah, Ajeng Klara Nufarida, Errina Aprilyani, Ahmad Saifur Rizal, Bella Esti F, Grinda Era Reftin


I.                        Materi pembahasan :
    Vidio Tari Remo Putra
    HasthaSawanda
    Pendekatan Hastha Sawanda dalam tari remo putra
    Dasar Tari Remo Menurut Para Seniman Tentang Tata Gerak Tubuh Dalam Penari Yang Dirangkum Oleh Penulis Dalam Unsur Asisapaponglati.
    Pembahasan vidio tari remo putra dengan pendekatan Hastha Sawanda
II.                        Hastha Sawanda
Dalam tari gaya Surakarta dikenal konsep Hastha Sawanda  (delapan prinsip penyajian tari), yakni konsep untuk menunjuk kriteria bagi seorang penari. Prinsip – prinsip tersebut yaitu :
  1. Pacak
  2. Pancat
  3. Ulat
  4. Lulut
  5. Luwes
  6. Wilet
  7. Irama
  8. Gendhing 




III.                        Pendekatan Hastha Sawanda Dalam Tari Remo Putra
Menurut saya banyak prinsip – prinsip yang bisa kita lihat dalam remo putra yang kita ambil dari hastha sawanda. Seperti pada beberapa prinsip berikut :
1.        PACAK
Dalam tari remo putra memiliki phatokan dalam gerak tari, yang terdiri dari :
  1. Tanjak tengah
  2. Badan tegak / ndegek
  3. Tangan kanan menyiku
  4. Tangan kiri sedikit menyerong ke atas
  5. Bentuk jari nyempurit
  6. Jari kaki nyelekinting
  7. Posisi tangan kiri miwir sampur
  8. Godhegan
2.      PANCAT

Merupakan pola perpindahan gerak, yang mengacu pada gerak peralihan yang telah di perhitungkan secara matang. Sehiingga enak dilakukan dan dilihat. Pancat pada dasarnya merupakai aturan mengenai gerak tungkai dan gerak ujung kaki dalam berpindah tempat.
Dalam remo putra pancat ada di setiap perpindahan ragam gerak, karena dalam tari ini sebelum masuk dalam satu ragam gerak kita harus melakukan gerak iket terlebih dahulu.






3.      ULAT
Ualat ini mengacu pada pandangan mata dan ekspresi wajah sesuai dengan karakter peran yang di bawakan serta suasana yang diinginkan. Sikap dasar arah pandangan mata dalam tari remo ini lurus di depan dan menggunakan ekspresi mlete.
4.      LULUT
Mengacu pada gerak yang menyatu dan melekat dengan penarinya, seolah – olah gerak yang di lakukan tidak dipikirkan lagi. Yang hadir dalam penyajian tari bukan pribadi penarinya namun kebutuhan tari yang disajikan. Dalam hal ini  ada perbedaan dalam tari solo atau jogja dengan tari jawa timuran.
Dalam tari solo atau jogja penari akan menyatu dan melekat pada tariannya jika mbanyu mili, tetapi dalam tari remo putra atau tari jawa timuran tidak hanya mbanyu mili tetapi gerak patah-patah pun dapat menyatu atau melekat pada tari jawa timur. dengan gerakan yang dinamis akan membuat karakter pada tari remo ini menjadi tari sesui dengan karakter kepahlawanan.
5.      LUWES

Luwes iku hubungane karo besus. Kualitas gerak yang sesuai dengan bentuk dan karakter tari yang disajikan. Penari mencapai kualitas gerak tanpa canggung, selalu rapi, tenang, dan menyenangkan. Luwes berarti mampu atau terampil bergerak secara sempurna dan menimbulkan kesan yang menyentuh penonton. Berarti mampu/terampil bergerak secara sempurna dan menimbulkan kesan yang menyentuh penonton. Dalam remo putra yang kami perlihatkan secara keseluruhan mampu mengenal secara sempurna membuat si penari,memberikan rasa dan isi dalam tarian yang dibawakan. Karena memang setiap penari pasti memiliki gaya dan patokan sendiri-sendiri.sehingga menimbulkan karakter tegas pada tari yang dibawakan.



6.      WILET
Wilet ini berhubungan dengan kembangan atau sekaran. Garap variasi gerak atau pengembangan pola gerak yang ada berdasarkan kemampuan penari. Dalam garap gerak tari remo putra memiliki volume gerak yang awalnya luwas atau besar dan memiliki teknik yang sama yang diperlihatkan pada video awal. Karatkter gagah akan muncul di karenakan dinamikannya. Ada beberapa hal yang membedakan antara remo putra asli dan remo putra yang kita perlihatkan. Remo putra yang kami perlihatkan volumenya di perkecil dari remo putra yang asli.

7.      IRAMA
Penari harus mengetahui irama atau (seleh iringan). Mengacu pada hubungan gerak dan iringan tari, dan alur secara keseluruhan. Irama dalam tari remo putra memiliki irama yang dinamis biasanya irama yang dinamis memberikan karakter dalam tari tersebut menjadi gagah.
8.      GENDHING
Penari dapat merasakan gendhing dalam iringan tari. Menuju pada penguasaan iringan tari meliputi, bentuk-bentuk gendhing, pola tabuhan, rasa lagu, irama,tempo, rasa seleh., kalimat lagu, dan juga penguasaan tembang atau vokal.
Gamelan yang digunakan jawa selendro ,dan gendinya jula-juli {surabayaan}. kidunganya mempunyai isi parikan-parikan,sindiran,petunjuk kadang-kadang mempunyai rasa yang humor . Anatara lain :
Jeruk purut kerat kerut
Mricopolo dirubung semut
Aku manut dak kurang manut
Saking peno sing kebacut


Karawitan Tari Jawa Timur
Notasi Balungan Karawitan Tari Remo Putra Surabaya
Gending Jula Juli Laras Slendro Pathet Wolu


Bk.                      .  2  .  1           .  2  .  1        .  6  .  g5

_ . n 6  .   p5       .   n6  .   p2    .  n6  .   p5    .  n2  .  p1
  .  2  .   1          .   2  .   6        .  2  .   1       .  6  .  pg5_



TROPONGAN :
    2  n1  6  p5   2  n1  6  p5     2  n1  6  p5   3  n2  1  pg2
    3  2  1  2       3  1  2  3        5  6  !  6        5  3  2  g1
    5  3  2  1       5  3  2  1        5  3  1  2       3  5  6  g5
    6  3  5  6       !  6  5  6         5  3  2  3       2  1  6  g5

Notasi Kendang Karawitan Tari Remo Putra Surabaya
Gending Jula Juli Laras Slendro Pathet Wolu

Bk.                      .  2  .  1           .  2  .  1        .  6  .  g5
                          .  .  .  .             P  P  bObP bBbO  bPbDKb.bO O  bObO
    .  6  .   5         .  6  .  2          .  6 .  5         .  2  .   1
    b.bO O  bObO b.bO                  .bO O  bObO b.bP  b.bN O  I  bObB   bObI bObP bObI bObB
    .   2 .   1         .  2  .  6          .  2  .  1        .  6  .  g5
    bObI bObP bObI bObB              bObI bObP bObI bObB    bObI bObP bObI bObP   b.bO b.bO b.bO b.bB
    .  6  .   5         .  6  .  2          .  6 .  5         .  2  .   1
    bObI bObP bObI bObB              bObI bObP bObI O P  bIbB bPbOL.     O  O  O  O
    .   2 .   1         .  2  .  6          .  2  .  1        .  6  .  g5
    O  O  O  O      O  O  O  O       P  I  N  b.bDK   bObI bObDKbObI bObDK
    .  6  .   5         .  6  .  2          .  6 .  5         .  2  .   1
    bObI O  bPbO B                      bIbP P  bObP I bPbO b.bI bObP B     bIbP P  bIbP DK
    .   2 .   1         .  2  .  6          .  2  .  1        .  6  .  g5
    bPbO b.bP I bPbO                    b.bP I  bPbO .   P  I  N  b.bpP   b.bN N  bIbP DK
    .  6  .   5         .  6  .  2          .  6 .  5         .  2  .   1
    P  I  N  I         bBbO bObB bObI bObDK           bObI bObDKbObI bObDK         bObI bObDKbObI bObDK
.   2 .   1            .  2  .  6          .  2  .  1        .  6  .  g5
    bObI O  bPbO B                      bIbP P  bObP I bPbO b.bI bObP bDbKbDK    b.bDKDKN  .
    .  6  .   5         .  6  .  2          .  6 .  5         .  2  .   1
    .  bPbB b.bD bBbO                  b.bO bObO b.bO bObO    bPbO b.bI bObP B bIbP P  O  .
    .   2 .   1         .  2  .  6          .  2  .  1        .  6  .  g5
    P  I  N  I         bBbO bObB bObI bObI             bObP bBbO bIbP bNbP       b.bB N  bIbP DK
    .  6  .   5         .  6  .  2          .  6 .  5         .  2  .   1
    bPbO b.bP I  bPbO                   .  bIbP bPbO b.bP   bIbP bPbO b.bP bIbP     bPbO b.bP bIbP bPbO
    .   2 .   1         .  2  .  6          .  2  .  1        .  6  .  g5
    b.bP bIbP bPbO b.bP                bIbP bPbO b.bP bIbP       bPbP P  .  bObP   P  bObB B  O
    .  6  .   5         .  6  .  2          .  6 .  5         .  2  .   1
    O  O  P  B       bIbP P  bObP I   bPbO b.bI bObP bDbKbDK b.bDKDKN  .
    .   2 .   1         .  2  .  6          .  2  .  1        .  6  .  g5
    .  bPbB b.bD bBbO                  b.bO bObO b.bO bObO    bPbO b.bI bObP B bIbP P  O  .

Ke ketukan berikut ( transisi ke irama II ) :
             6                   5                    6                   2
    .  P  .  I           .  N  .  I            .  B  O  O        B  O  I  O
             6                    5                   2                   1
    I  O  P  B        I  bObP bBbO I  bPbO b.bI bObP bBbO     bObO bPbO bBbO bIbO
        2                        1                    2                   6
    bPbP bObP bBbO bIbO             bPbP bObP bBbO bDbKO bPbP bObP bBbO bIbO  bPbP bObP bBbO bDbKO
             2                   1                    6                   g5
    bPbP bObP bBbO bIbO             bPbP bObP bBbO bDbKP  N  P  bIbO DK         bObI bObDKbObI bObDbKO
             6                   5                    6                   2
    bPbP bObP bBbO bIbO             bPbP bObP bBbO bDbKO bPbP bObP bBbO bIbO  bPbP bObP bBbO DK
             6                    5                   2                   1
    P  I  N  I         bBbO O  bIbP bObP                 bIbO bPbO bIbP bObP        bIbO bBbO bDbB bObB
             2                   1                    2                   6
    bIbO bPbO bIbP bObP              bIbO bBbO bDbB bObB   bIbO bPbO bIbP bObP   bIbO bBbO bDbB O
             2                   1                    6                   g5
    P  I  N  I         bBbO bObB bObI bObDK                bObI bObDKbObI bObDK         bObI bObDKbObI bObDK
           6                     5                    6                   2
    bObI bObDKbObI bObDK                  bObI bObDKbObI bObDK    bObI bObDKbObI bObP   b.bN O  bIbP O
             6                   5                    2                   1
    b.bB bDbKPN  b.bP                  DK bNbP bBbP bIbO       bPbO b.bI bObP bNbO   bPbN N  bIbP DK
             2                   1                    2                   6
    bPbN b.bP N  bPbN                 b.bP bNbP bBbO I  bPbO b.bI bObP bBbO   bObO bPbO bBbO I
             2                   1                    6                   g5
    bPbP I  N  .      N  bPbO bBbO I bPbO b.bI bObP bNbP     b.bN N  bIbP DK


Transisi kemabali ke irama I :
             6                   5                    6                   2
    bPbN b.bP N bPbN                  b.bP bBbO bBbO b.bI      bIbO b.bI bObB O bBbO b.bIbIbP bIbO
             6                   5                    2                   1
    b.bIbIbP b.bO b.bI                              I  O  P  N        P  .  N  N        .  I  P  DK
             2                   1                    2                   6
    .  P  O  .          P  I  .  P           O  .  P  I         .  P  O  .
             2                   1                    6                   g5
    .  P  .  I           .  N  .  .            P  .  N  N        .  I  P  DK

Kembali ke irama II :
             6                   5                    6                   2
    .  P  .  I           .  N  .  I            .  B  O  O        B  O  I  O
             6                   5                    2                   1
    I  O  P  B        I  bObP bBbO I  bPbO b.bI bObP bBbO     bObO bPbO bBbO bIbO
             2                   1                    2                   6
    bPbP bObP bBbO bIbO             bPbP bObP bBbO bDbKO bPbP bObP bBbO bIbO  bPbP bObP bBbO bDbKO                               2                   1           6              g5
    bPbP bObP bBbO bIbO             bPbP bObP bBbO bDbKP  N  P  bIbO DK         bObI bObDKbObI bObDbKO
             6                   5                    6                   2
    bPbP bObP bBbO bIbO             bPbP bObP bBbO bDbKO bPbP bObP bBbO bIbO  bPbP bObP bBbO DK
             6                   5                    2                   1
    P  I  N  I         bBbO O  bIbP O N  P  bIbO DK  bObI DK bObI DK
             2                   1                    2                   6
    O  .  O  b.bP    b.bN O  bIbP O  bObP bDbKObPbDKb.bP   bDbKObBbO bObO bObB
             2                   1                    6                   g5
    bObP bDbKObPbDKb.bP             bDbKObBbO bObO bObB bObP bDbKObPbDKb.bP    bDbKObBbO bObO bObB
             6                   5                    6                   2
    bObP bDbKObPbDKb.bP             bDbKObBbO bObO bObB bObP bDbKObPbDKb.bP    bDbKObBbO bObO O
             6                   5                    2                   1
    P  I  N  I         bBbO O  bIbP O N  P  bIbO DK  bObI DK bObI DK
   
             2                   1                    2                   6
    O  .  O b.bP     b.bN O  bIbP bObDK                         bObDKbObDKbDbKObIbP      bIbO bPbO bPbO bPbDK            
             2                   1                    6                   g5
    bObDKbObDKbDbKObIbP            bIbO bPbO bPbO bPbDK    bObDKbObDKbDbKObIbP bIbO bPbO bPbO P
             6                   5                    6                   2
    bObP O  Ir bObP                     O  P  P  B       bObP O  Ir bObP       O  P  P  B
             6                   5                    2                   1
    P  I  N  I         bBbO O  bIbP O N  P  bIbO DK    bIbO DK bIbO DK
             2                   1                    2                   6
    O  .  O  b.bP    b.bN O  bIbP bObB                  bObI bObP bObI bObB        bObI bObP bObI bObB
             2                   1                    6                   g5
    bObI bObP bObI bObB              bObI bObP bObI bObB    bObI bObP bObI bObP   b.bO b.bO b.bO b.bB
             6                   5                    6                   2
    bObI bObP bObI bObB              b.bO b.bP b.bB b.bI bIbO b.bI bObB O bBbO b.bIbIbP bIbO
             6                   5                    2                   1
    b.bIbIbP b.bO b.bI                              I  O  P  N        P  .  N  N        .  I  P  DK
Kembali ke irama I :
    .   2 .   1         .  2  .  6           .  2  .   1        .  6  .   g5
    bPbO b.bP I  bPbO                   b.bP I  b.bP O   bIbP bPbO b.bP bIbP  bPbO b.bP bIbP bPbO
     .  6  .  5         .  6  .  2           .  6  .  5         .  2  .  1
    b.bP bIbP bPbO b.bP                bIbP bPbO b.bP bIbP       bPbP P  .  O        O  O  O  O
    .  2  .  1          .  2  .  6           .  2  .   1        .  6  .   g5
    O  O  bPbO B   bIbP P bObP I    bPbO b.bI bObP N  bPbN N  bIbP DK
   
.  6  .  5          .  6  .  2           .  6  .  5         .  2  .  1 
N  .  .  D          B  O  B  D        B  O  B  D      B  O  B  D

    .   2 .  1          .  2  .  6           .  2  .   1        .  6  .   g5      
B  D  P  D          bbIbP P  bObP I bPbO b.bI bObP bDbKbDK b.bDKDKN  .
  .  6  .  5           .  6  .  2           .  6  .  5         .  2  .  1
    .  bPbB b.bD bBbO                  b.bO bObO b.bO bObO    bPbO b.bI bObP B bIbP P  O  .


Transisi ke irama II :
             2                   1                    2                   6
    .  P  .  I           .  N  .  I            .  B  O  O        B  O  I  O
             2                   1                    6                   g5
    I  O  P  B        I  bObP bBbO I  bPbO b.bI bObP bBbO     bObO O  .  b.bP
             6                   5                    6                   2
    b.bN O  .  DK      N  .  .  D          B  O  B  D      .  bPbB b.bD bBbP
             6                   5                    2                   1
    b.bN O  .  DK      N  P  O  D        B  O  B  D      .  bPbB b.bD bBbP
             2                   1                    2                   6
    b.bN O  .  DK      N  .  .  D          B  O  B  D      .  bPbB b.bD bBbP
             2                   1                    6                   g5
    b.bN bObI b.bP bDbKN              .  bPbB b.bD bBbO b.bN O  N  P       O  bBbO O  DK
             6                   5                    6                   2
    .  O  b.bP O     P  bBbO O  DK    .  O  b.bP O     P  bBbO O  DK
             6                   5                    2                   1
    .  O  b.bP O     P  bBbO O  DK    bObP P  bObP I     P  N  P  DK
              2                  1                    2                   6
    bObP O  Ir bObP                     O  bBbO O  DK bObP O  Ir bObP       O  bBbO .  bIbP
             2                   1                    6                   g5

    b.bN bObI b.bP bDbKN              .  bPbB b.bD bBbO b.bO bObO b.bO bObP   bBbO bObB bObP bIbP

             6                   5                    6                   2
    bIbO b.bI bIbO b.bP                  bIbP P  O  .     bPbP I  N  b.bDK           bObI bObDKbObI bObP
             6                   5                    2                   1
    b.bN bObI b.bP bDbKN              .  bPbB b.bD bBbO b.bN O  N  P       O  B  O  I
             2                   1                    2                   6
    bPbO b.bP O  P O  B  O  I         bPbO b.bP O  P     O  B  O  I
             2                   1                    6                   g5
    bPbO b.bP O  P O  B  O  I         B  O  .  I         P  O  .  I
           6                     5                    6                   2
    B  O  .  I         P  O  .  I           P  P  P  P       .  O  .  .
Ke ketukan berikut :
    .   6  .  5         .   2  .  1
    bBbO bObB bObI bObDK                 bObI bObDKbObI bObDK
    .   2 .  1          .   2  .  6          .   2  .  1        .  6  .  g5
    P  I  N  I         bBbO bObB bObI bObI             bObP bBbO bIbP bNbP       b.bB N  bIbP DK
    .  6  .  5          .  6  .  2           .   6 .  5         .  2  .  1
    N  .  .  D         B  O  B  D        B  O  B  D      B  O  B  D
   
    .   2 .  1          .   2  .  6          .   2  .  1        .  6  .  g5       
D  B  P  B           O  O  O  bIbP    bPbP P  bIbP bBbO        bObO O  D  D

    .  6  .  5          .  6  .  2           .   6 .  5         .  2  .  1 
O  O  P  B          bObO O  D  D   P  I  N  b.bP    b.bN N  bIbP DK
    .   2 .  1          .   2  .  6          .   2  .  1        .  6  .  g5
    bObP b.bP O  I bObP b.bP O  I   bObP b.bP O  N     N  N  P  DK
    .  6  .  5          .  6  .  2           .   6 .  5         .  2  .  1
    bObP b.bP O  I bObP b.bP O  I   bObP b.bP O  N     N  N  bIbI b.bP
    .   2 .  1          .   2  .  6          .   2  .  1        .  6  .  g5
    bPbpP P  bIbI b.bP                  bPbpP P  bIbI b.pbppP    bpPbP P bObI bObB      bObI bObP bObI bObB

    .  6  .  5          .  6  .  2           .   6 .  5         .  2  .  1  bObI bObP bObI bObB   bObI bObP bObI bObB  bObI bObP bObI bObP              b.bO b.bO b.bO .

    .   2 .  1          .   2  .  6          .   2  .  1        .  6  .  g5        b.bO b.bO b.bP B  bIbP P  bObP I                bPbO b.bI bObP bNbP              b.bN P  bDbB b.bP

    .  6  .  5          .  6  .  2           .   6 .  5         .  2  .  1 
b.bB O  .  N         N  .  .  N          N  P  O  bDbB bObB D  B  bDbB

    .   2 .  1          .  2  .  6           .   2  .  1        .  6  .  g5
    bObB D  P  B   bIbP P  bObP I   bPbO b.bI bObP bNbP     b.bN P  bDbB b.bP
    .  6  .  5          .  6  .  2           .   6 .  5         .  2  .  1
    b.bB O  .  N     N  .  .  N          P  I  P  N        O  O  O  O
   .  2 .  1           .   2  .  6          .   2  .  1        .  6  .  g5        O  O  bPbO B      bIbP P  bObP I                bPbO b.bI bObP bNbP              b.bN N  bIbP DK
   
    .  6  .  5          .  6  .  2           .   6 .  5         .  2  .  1 
N  .  .  D             B  O  B  D        B  O  B  D      B  O  B  D

    .  2 .  1           .   2  .  6          .   2  .  1        .  6  .  g5
    B  D  P  B       bIbP P  bObP I   bPbO b.bI bObP SSN          P S I  N  .

TROPONGAN :
    2  1  6  5       2  1  6  5        2  1  6  5       3  2  1  2
    .  N  .  .           bpIbP P bbbObP  I                   bPbO b.bI bObP BO   bIbP P  .  O
    3  2  1  2       3  1  2  3        5  6  !  6        5  3  2  1
    P  I  N  I         bBbO bObB bObI bObI             bObP bBbO bIbP bNbP       b.bN O  .  bDbKbDK
    5  3  2  1       5  3  2  1        5  3  1  2       3  5  6  5
    b.bDKO  .  bDbKbDK                           b.bDKO  .  bDbKbDK b.bDKO  bIbP bObP       I  O  bIbP bObP
    6  3  5  6       !  6  5  6         5  3  2  3       2  1  6  g5
    I  O  bIbP O     P  I  N  I          bBbO bObB bObI bObDK   bObI bObDKbObI bObDK
    2  1  6  5       2  1  6  5        2  1  6  5       3  2  1  2
    O  O  bPbO B   bIbP P  bObP I   bPbO b.bI bObP bDbKbDK b.bDKDKN  .
3  2  1  2           3  1  2  3        5  6  !  6        5  3  2  1
    .  bPbB b.bD bBbO                  b.bO bObO b.bO bObO    bPbO b.bI bObP B bIbP P  O  .
    5  3  2  1       5  3  2  1        5  3  1  2       3  5  6  5
    P  I  N  I         bBbO bObB bObI bObI             bObP bBbO bIbP bNbP       b.bN O  .  bDbKbDK
    6  3  5  6       !  6  5  6         5  3  2  3       2  1  6  g5
    b.bDKO  .  bDbKbDK                           b.bDKO  .  bDbKbDK b.bDKO  bIbP bObP       I  O  bIbP bObP
    2  1  6  5       2  1  6  5        2  1  6  5       3  2  1  2
    I  O  bIbP O     P  I  N  I          bBbO bObB bObI bObDK   bObI bObDKbObI bObDK
    3  2  1  2       3  1  2  3        5  6  !  6        5  3  2  1
    O  O  bPbO B   bIbP P  bObP I   bPbO b.bI bObP bDbKbDK b.bDKDKN  .
    5  3  2  1       5  3  2  1        5  3  1  2       3  5  6  5
    .  bPbB b.bD bBbO                  b.bO bObO b.bO bObO    bPbO b.bI bObP B bIbP P  O  .
    6  3  5  6       !  6  5  6         5  3  2  3       2  1  6  g5
    P  I  N  I         bBbO bObB bObI bObI             bObP bBbO bIbP O    bPbN O  b.bD bBbO
    2  1  6  5       2  1  6  5        2  1  6  5       3  2  1  2
    bObD bBbO bDbO bBbO           bObD bBbO bDbO bBbP  b.bN O  I  O        .  N  N  bIbP
    3  2  1  2       3  1  2  3        5  6  !  6        5  3  2  1
    bPbP P  D  I    N  .  .  b.bP       bPbP bPbD bIbD B bDbB bIbD bIbO bDbO
    5  3  2  1       5  3  2  1        5  3  1  2       3  5  6  5
    bIbN bIbO bDbO bIbN               bIbO bDbO bDbO bDbO   bIbN bIbO bDbO bIbN    bIbO bDbO bDbO bDbO
    6  3  5  6       !  6  5  6         5  3  2  3       2  1  6  g5
    bIbN bIbO bDbO bIbN               bIbO bPbO bBbO I  bPbP b.bI b.bP bObO     b.bO B  bPbP .

















 IV.                        Dasar Tari Remo Menurut Para Seniman Tentang Tata Gerak Tubuh Dalam Penari Yang Dirangkum Oleh Penulis Dalam Unsur Asisapaponglati.
Unsur asisapaponglati terdiri dari adeg,siku,sabet,pacak,polatan,ngelaras,ngayati. Asisapaponglati sebagai dasar ukuran penilaian kualitas ataupun kemampuan kepenarian dalam tari remo,masing-masing aspek asisapaponglati tersebut dapat diuraikan sebagai berikut :
1.      Adeg
Dimaksud sebagai ukuran posisi tubuh dari ujung kepala hingga ujung kaki. Tekniknya adalah, posisi kepala dan punggung tegak,kedua lutut menghadap kesamping membentuk siku kurang lebih 65derajat.
2.      Siku,lengan,tangan
Dimaksudkan sebagai cara mengatur posisipersendian tangan maupun siku,sesuai dengan ukuran gerak yang diperlukan.
3.      Sabetan
Cara melakukan gerak tari,pola irama,dan tempo dalam gerak satu ke gerak yang lainnya,keserasian gerak tangan dan kaki merupakan kemampuan penari dalam mengatur irama dan tempo gerak.
4.      Pacak
Kondisi tubuh saat melakukan gerak tari yang tidak lagi seperti subyek yang sedang melakukan gerak,tetapi benar-benar sudah menari
5.      Polatan
Arah hadap pandangan sesuai dengan gerak kepala yang diterapkan pada setiap gerak tari
6.      Nglaras
Keselarasan antara gerak tari sesuai dengan gerak tarinya,dalam upaya ini seorang penari perlu merasakan irama gerak dan irama musik.
7.      Ngayati
Kemampuan penari dalam mengalirkan jiwanya keseluruh tubuh,yaitu mengalirkan sebuah getaran atau magnet keseluruh tubuh sehingga berbagai gerak tari yang dilakukan memiliki daya hidup.


    V.                        Pembahasan vidio tari remo putra dengan pendekatan Hastha Sawanda
Dalam pengamatan kelompok kami, ada berbagai hal yang dapat dijelaskan dari beberapa prinsip hastasawanda seperti tangan yang geder, seblak sampur badan sedikit di bungkukan, badan mengikuti tangan saat seblak sampur, gongseng pas dengan musik,tanjak sesuai dengan gaya remo munali fattah yaitu tanjak tengah dengan ekspresi mlete sesuai dengan gaya remo putra. Patah-patah gerakan dan gongseng sesuai dengan irama membuat kesan gagah dan dinamis dalam tari remo putra menjadi lebih menonjol, beliau pas dengan karakternya seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa karakter tari remo yang gagah dan bringas, dari ekspresi ketegasan tarinya sesuai dengan tari munali fatah,kecepatan tempo sesuai.







Sebelum membahas secara mendetail keterangan di atas, kami akan mendeskripsikan kostum pada tari remo putra. Yang terdiri dari :
a.       Udeng                                                 i. Rapek
b.      Anting                                     j. Stagen
c.       Bros                                         k. Dodotan
d.      Baju                                         l. Pangkat
e.       Kace                                        m. Kris
f.       Deker                                      n. Sabuk
g.      Sampur merah dan putih         o. Gongseng
h.      Boro – boro samir                   p. Celana
Sedangkan riasan dalam tari remo putra memakai rias / model rias Sawunggaling. Setelah di sebutkan dan kita mengetahui rias dan pakaian tari remo putra, kami berpendapat bahwa riasan yang ada di dalam gambar di atas memiliki kelebihan dan kekurangan dilihat dari  pandangan anggota kelompok kami. Menurut kami eyeshadow nya kurang di tarik, bedak nya terlalu putih sehingga membuat wajah  menjadi pucat, gambar godeg nya kurang jelas, sedangkan ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa face muka beliau sudah mlete sehingga walau di riaspun tetap mlete atau karakternya tetap muncul. Riasan pada video tersebut menggunakan riasan pada jaman dulu, sedangkan jika dilihat dengan jaman sekarang masih bisa dikembangkan lagi, bentuk alis, godeg, brengos, dan sedikit aksen pada dahi.
Poin kedua setelah rias pada poin kedua setelah rias adalah fisik dari sang penari.Dalam video tersebut tari remo putra di tarikan oleh Bapak Pundjul Pitono, M. Sn. Beliau memiliki ciri fisik perut buncit,badan ideal,kulit sawo matang,berambut panjang,brewok,berotot. Tetapi di dalam video tersebut fisik beliau terlihat bungkuk dan memiliki tubuh yang lebih pendek.
Setelah membahas fisik beliau kami membahas gending dalam video tersebut. Irama gending yang dibawakan kurang pas, ada beberapa gending yang ditariakan mendahului dan ada yang melambat. Tetapi pada gerakan patah-patah selalu pas dengan irama gendang, dibalik kekurangan dan kelebihan yang sudah kami sebutkan, beliau dapat mengangkat karakter tarian menjadi karakter yang diinginkan dan pembawaan beliau sedikit kurang tenang dikarenakan kostum yang kurang nyaman .
Ada beberapa pendapat yang mengutarakan bahwa tarian yang dibawakan beliau terlalu bringas dan kurang terkontrol, seperti dalam teknik yang dibawakan nya sedikit ada yang kurang benar karna terburu-buru saat melakukanya. Penyampaian beliau dalam tarian ini kami rasa sudah mencapai di menset para mahasiswa karena beliau bisa membuat tarian tersebut menjadi sebuah tarian yang mengkisahkan tentang kepahlawanan dan perjuangan seorang pahlawan.
Volume dan tenaga dalam peragaan tari remo putra yang diperagakan oleh beliau tidak seimbang,sehingga membuat gerakan remo tersebut kurang pas.unsur gerak dalam tari remo ini selalu memilki penghubung disetiap ragam seperti :

Kelompok A (solah kawitan atau ajon-ajon )
1.      lampah pinjalan-mapan tanjak
2.      gedrug lombo-rangkep-iket
3.      nebak bumi –keter-iket sabetan
4.      lampah lombo-rangkep atau lampah lombo-brajagan
5.      iket sabetan
kelompok B 1 (solah pangruwat)
6.      kipatan sampur –nggelap-keter-iket
7.      gendewa lombo-rangkep-iket
8.      tebakan-gedrugan-iket
kelompok B 2 (solah busana )
9.      ngore rekma- singgetan
10.  ceklekan-singgetan
11.  seblakan –singgetan
12.  gedrugan-iket
13.  lampah lombo-rangkep-iket
14.  ngayam alas –iket sabetan
kelompok C 1 (solah gredoan )
15.  tranjalan –singgetan
16.  entrog lombo –rangkep-singgeten
17.  tepisan-singgetan
18.  klewasan-keter-iket
kelompok C 2 (solah badar )
19.  ngalandak
20.  telesikan –iket
21.  tatasan lombo –lampah lombo
22.  tatasan rangkep-iket
23.  ngayam alas-iket sabetan
kelompok D (solah pungkasan )
24.  bumi langit kanan –keter-iket sabetan
25.  bumi langit kiri-keter-iket sabetan
26.  bumi langit depan –sigeg mapan tanjak
Berikut ini merupakan pendapat masing – masing kelompok tentang nilai estetika yang muncul setelah mengamati vidio Remo Putra yang di tarikan bapak Pundjul Pitono, M. Sn. :
Bella                : Nilai estetika muncul saat ada beberapa perpindahan dari gerak satu ke gerak lain, seperti saat mengambil sampur lalu gedrugan, saat itu posisi badan beliau mengikuti arah sampur lalu tanjak seperti biasanya dan beliau melakukannya dengan santai tapi tetap menunjukan kemletean nya.
Ajeng              : Nilai estetik dari tari remo terdapat pada perpindahan ragam gerak dan gerakan yang dinamis dalam tari remo.
Rizal                : Menurut saya nilai estetika muncul ketika memainkan dinamika dan tempo - tempo dalam tarian tersebut.
Errina              : Karakteristika yang muncul dari tari remo yang dibawakan pak pundjul adalah gerakan kaki yang rancak dan dinamis. Gerakannya didukung dengan pemakaian gongseng yang dipasang di pergelangan kaki. Gongseng ini berbunyi sesuai dengan gendhing saat pak pundjul melangkah atau menghentak di panggung. karakteristika yang lain yakni gerakan selendang atau sampur, gerakan anggukan dan gelengan kepala, ekspresi wajah, dan kuda-kuda pak pundjul sesuai dengan gambaran karakter dinamis tari remo yaitu penggambaran masyarakat jawa timur terutama surabaya Yang berani, jiwa kepahlawanan dan tidak pernah mundur maka sesuai dengan tari remo yg koreografinya menggunankan langkah maju.
Grinda             : Secara tehnik sangat bagus , adeg tanjak pas . Pembawaan sesuai karakter tari remo.
Ni’ma               : bagi saya nilai estetika yang muncul dalam peragaan tari remo putra yang di lakukan beliau terletak pada karakter dirinya yang sebenarnya. Sehingga akan muncul karakter tari remo yang memang mlete dan cakrak.

KESIMPULAN
Bahwa setiap daerah memiliki istilah untuk mengenal unsur unsur dalam sebuah pagelaran tari. Sedangkan nilai estetika dalam sebuah garap karya tari akan berbeda-beda dari setiap pemikiran apresiatornya... 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TARI ARIMBI

Kembang Abang "KOMUNITAS BANYU UMUP" Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta Surabya