Matakuliah Estetika Tari
Dosen : lilis lestari, S. Sn., M. Pd.
Dosen : lilis lestari, S. Sn., M. Pd.
Disusun
Oleh :
Ni’matus Sa’diah, Ajeng Klara
Nufarida, Errina Aprilyani, Ahmad Saifur
Rizal, Bella Esti F, Grinda Era
Reftin
I.
Materi
pembahasan :
○ Vidio Tari Remo Putra
○ HasthaSawanda
○ Pendekatan Hastha Sawanda dalam tari remo putra
○ Dasar Tari Remo Menurut Para Seniman Tentang Tata Gerak Tubuh Dalam
Penari Yang Dirangkum Oleh Penulis Dalam Unsur Asisapaponglati.
○ Pembahasan vidio tari remo putra dengan pendekatan
Hastha Sawanda
II.
Hastha Sawanda
Dalam tari gaya
Surakarta dikenal konsep Hastha Sawanda
(delapan prinsip penyajian tari), yakni konsep untuk menunjuk kriteria
bagi seorang penari. Prinsip – prinsip tersebut yaitu :
- Pacak
- Pancat
- Ulat
- Lulut
- Luwes
- Wilet
- Irama
- Gendhing
III.
Pendekatan
Hastha Sawanda Dalam Tari Remo Putra
Menurut saya
banyak prinsip – prinsip yang bisa kita lihat dalam remo putra yang kita ambil
dari hastha sawanda. Seperti pada beberapa prinsip berikut :
1.
PACAK
Dalam
tari remo putra memiliki phatokan dalam gerak tari, yang terdiri dari :
- Tanjak tengah
- Badan tegak / ndegek
- Tangan kanan menyiku
- Tangan kiri sedikit menyerong ke atas
- Bentuk jari nyempurit
- Jari kaki nyelekinting
- Posisi tangan kiri miwir sampur
- Godhegan
2.
PANCAT
Merupakan
pola perpindahan gerak, yang mengacu pada gerak peralihan yang telah di
perhitungkan secara matang. Sehiingga enak dilakukan dan dilihat. Pancat pada
dasarnya merupakai aturan mengenai gerak tungkai dan gerak ujung kaki dalam
berpindah tempat.
Dalam remo putra pancat ada di setiap perpindahan ragam gerak,
karena dalam tari ini sebelum masuk dalam satu ragam gerak kita harus melakukan
gerak iket terlebih dahulu.
3.
ULAT
Ualat
ini mengacu pada pandangan mata dan ekspresi wajah sesuai dengan karakter peran
yang di bawakan serta suasana yang diinginkan. Sikap dasar arah pandangan mata
dalam tari remo ini lurus di depan dan menggunakan ekspresi mlete.
4.
LULUT
Mengacu
pada gerak yang menyatu dan melekat dengan penarinya, seolah – olah gerak yang
di lakukan tidak dipikirkan lagi. Yang hadir dalam penyajian tari bukan pribadi
penarinya namun kebutuhan tari yang disajikan. Dalam hal ini ada perbedaan dalam tari solo atau jogja
dengan tari jawa timuran.
Dalam
tari solo atau jogja penari akan menyatu dan melekat pada tariannya jika mbanyu
mili, tetapi dalam tari remo putra atau tari jawa timuran tidak hanya mbanyu
mili tetapi gerak patah-patah pun dapat menyatu atau melekat pada tari jawa
timur. dengan gerakan yang dinamis akan membuat karakter pada tari remo ini
menjadi tari sesui dengan karakter kepahlawanan.
5.
LUWES
Luwes
iku hubungane karo besus. Kualitas gerak yang sesuai dengan bentuk dan karakter
tari yang disajikan. Penari mencapai kualitas gerak tanpa canggung, selalu
rapi, tenang, dan menyenangkan. Luwes berarti mampu atau terampil bergerak
secara sempurna dan menimbulkan kesan yang menyentuh penonton. Berarti
mampu/terampil bergerak secara sempurna dan menimbulkan kesan yang menyentuh
penonton. Dalam remo putra yang kami perlihatkan secara keseluruhan mampu
mengenal secara sempurna membuat si penari,memberikan rasa dan isi dalam tarian
yang dibawakan. Karena memang setiap penari pasti memiliki gaya dan patokan
sendiri-sendiri.sehingga menimbulkan karakter tegas pada tari yang dibawakan.
6.
WILET
Wilet
ini berhubungan dengan kembangan atau sekaran. Garap variasi gerak atau
pengembangan pola gerak yang ada berdasarkan kemampuan penari. Dalam garap
gerak tari remo putra memiliki volume gerak yang awalnya luwas atau besar dan
memiliki teknik yang sama yang diperlihatkan pada video awal. Karatkter gagah
akan muncul di karenakan dinamikannya. Ada beberapa hal yang membedakan antara remo
putra asli dan remo putra yang kita perlihatkan. Remo putra yang kami
perlihatkan volumenya di perkecil dari remo putra yang asli.
7.
IRAMA
Penari
harus mengetahui irama atau (seleh iringan). Mengacu pada hubungan gerak dan
iringan tari, dan alur secara keseluruhan. Irama dalam tari remo putra memiliki
irama yang dinamis biasanya irama yang dinamis memberikan karakter dalam tari
tersebut menjadi gagah.
8.
GENDHING
Penari
dapat merasakan gendhing dalam iringan tari. Menuju pada penguasaan iringan
tari meliputi, bentuk-bentuk gendhing, pola tabuhan, rasa lagu, irama,tempo,
rasa seleh., kalimat lagu, dan juga penguasaan tembang atau vokal.
Gamelan
yang digunakan jawa selendro ,dan gendinya jula-juli {surabayaan}. kidunganya
mempunyai isi parikan-parikan,sindiran,petunjuk kadang-kadang mempunyai rasa
yang humor . Anatara lain :
Jeruk purut kerat kerut
Mricopolo dirubung semut
Aku manut dak kurang manut
Saking peno sing kebacut
Karawitan Tari
Jawa Timur
Notasi Balungan
Karawitan Tari Remo Putra Surabaya
Gending Jula
Juli Laras Slendro Pathet Wolu
Bk. . 2
. 1 . 2 . 1 .
6 . g5
_ . n 6 . p5 .
n6 . p2
. n6
. p5 . n2 . p1
.
2 . 1
. 2
. 6 . 2 . 1 .
6 . pg5_
TROPONGAN :
2
n1 6 p5 2 n1
6 p5 2 n1 6 p5 3
n2 1 pg2
3
2 1 2 3 1
2 3 5 6 ! 6 5
3 2 g1
5
3 2 1 5 3
2 1 5 3 1 2 3
5 6 g5
6
3 5 6 ! 6
5 6 5 3 2 3 2
1 6 g5
Notasi Kendang Karawitan Tari Remo Putra Surabaya
Gending Jula Juli Laras Slendro Pathet Wolu
Bk. . 2
. 1 . 2 . 1 .
6 . g5
. .
. . P P bObP bBbO bPbDKb.bO
O bObO
. 6
. 5 . 6 . 2 .
6 . 5 . 2 . 1
b.bO O
bObO b.bO .bO
O bObO b.bP b.bN O I bObB bObI
bObP bObI bObB
. 2
. 1
. 2
. 6 . 2 . 1 .
6 . g5
bObI bObP bObI bObB bObI bObP bObI bObB bObI bObP bObI bObP b.bO b.bO b.bO b.bB
. 6
. 5 . 6 . 2 .
6 . 5 . 2 . 1
bObI bObP bObI bObB bObI bObP bObI O P
bIbB bPbOL. O O
O O
. 2
. 1
. 2
. 6 . 2 . 1 .
6 . g5
O
O O O O O
O O P I N b.bDK bObI bObDKbObI bObDK
. 6
. 5 . 6 . 2 .
6 . 5 . 2 . 1
bObI O
bPbO B bIbP
P bObP I bPbO b.bI bObP B bIbP
P bIbP DK
. 2
. 1
. 2
. 6 . 2 . 1 .
6 . g5
bPbO b.bP I bPbO b.bP I bPbO . P I
N b.bpP b.bN N
bIbP DK
. 6
. 5 . 6 . 2 .
6 . 5 . 2 . 1
P
I N I bBbO
bObB bObI bObDK bObI
bObDKbObI bObDK bObI
bObDKbObI bObDK
. 2 .
1 . 2
. 6 . 2 . 1 .
6 . g5
bObI O
bPbO B bIbP
P bObP I bPbO b.bI bObP bDbKbDK b.bDKDKN .
. 6
. 5 . 6 . 2 .
6 . 5 . 2 . 1
.
bPbB b.bD bBbO b.bO
bObO b.bO bObO bPbO b.bI bObP B bIbP P
O .
. 2
. 1
. 2
. 6 . 2 . 1 .
6 . g5
P
I N I bBbO
bObB bObI bObI bObP
bBbO bIbP bNbP b.bB N bIbP DK
. 6
. 5 . 6 . 2 .
6 . 5 . 2 . 1
bPbO b.bP I bPbO . bIbP bPbO b.bP bIbP bPbO b.bP bIbP bPbO
b.bP bIbP bPbO
. 2
. 1
. 2
. 6 . 2 . 1 .
6 . g5
b.bP bIbP bPbO b.bP bIbP bPbO b.bP bIbP bPbP P
. bObP P bObB B O
. 6
. 5 . 6 . 2 .
6 . 5 . 2 . 1
O
O P B bIbP
P bObP I bPbO b.bI bObP bDbKbDK b.bDKDKN .
. 2
. 1
. 2
. 6 . 2 . 1 .
6 . g5
.
bPbB b.bD bBbO b.bO
bObO b.bO bObO bPbO b.bI bObP B bIbP P
O .
Ke ketukan berikut ( transisi ke irama II
) :
6 5 6 2
.
P . I . N
. I . B O O B
O I O
6 5 2 1
I
O P B I bObP bBbO I bPbO b.bI bObP bBbO bObO
bPbO bBbO bIbO
2 1 2 6
bPbP bObP bBbO bIbO bPbP bObP bBbO bDbKO bPbP bObP bBbO bIbO bPbP bObP bBbO bDbKO
2 1 6 g5
bPbP bObP bBbO bIbO bPbP bObP bBbO bDbKP N
P bIbO DK bObI bObDKbObI
bObDbKO
6 5 6 2
bPbP bObP bBbO bIbO bPbP bObP bBbO bDbKO bPbP bObP bBbO bIbO bPbP bObP bBbO DK
6 5 2 1
P
I N I bBbO
O bIbP bObP bIbO bPbO bIbP bObP bIbO bBbO bDbB bObB
2 1 2 6
bIbO bPbO bIbP bObP bIbO bBbO bDbB bObB bIbO bPbO bIbP bObP bIbO bBbO bDbB O
2 1 6 g5
P
I N I bBbO
bObB bObI bObDK bObI
bObDKbObI bObDK bObI
bObDKbObI bObDK
6 5 6 2
bObI bObDKbObI bObDK bObI bObDKbObI
bObDK bObI
bObDKbObI bObP b.bN
O bIbP O
6 5 2 1
b.bB bDbKPN b.bP DK
bNbP bBbP bIbO bPbO b.bI bObP
bNbO bPbN N bIbP DK
2 1 2 6
bPbN b.bP N bPbN b.bP
bNbP bBbO I bPbO b.bI bObP bBbO bObO bPbO bBbO I
2 1 6 g5
bPbP I
N . N bPbO bBbO I bPbO b.bI bObP bNbP b.bN N
bIbP DK
Transisi kemabali ke irama I :
6 5 6 2
bPbN b.bP N bPbN b.bP bBbO bBbO b.bI bIbO
b.bI bObB O bBbO b.bIbIbP
bIbO
6 5 2 1
b.bIbIbP
b.bO b.bI I O
P N P
. N N . I
P DK
2 1 2 6
.
P O . P I
. P O . P I .
P O .
2 1 6 g5
.
P . I . N
. . P . N N .
I P DK
Kembali ke irama II :
6 5 6 2
. P
. I . N . I .
B O O B O
I O
6 5 2 1
I
O P B I bObP bBbO I bPbO b.bI bObP bBbO bObO
bPbO bBbO bIbO
2 1 2 6
bPbP bObP bBbO bIbO bPbP bObP bBbO bDbKO bPbP bObP bBbO bIbO bPbP bObP bBbO bDbKO 2 1 6 g5
bPbP bObP bBbO bIbO bPbP bObP bBbO bDbKP N
P bIbO DK bObI bObDKbObI
bObDbKO
6 5 6 2
bPbP bObP bBbO bIbO bPbP bObP bBbO bDbKO bPbP bObP bBbO bIbO bPbP bObP bBbO DK
6 5 2 1
P
I N I bBbO
O bIbP O N P bIbO DK bObI DK bObI DK
2 1 2 6
O
. O b.bP b.bN
O bIbP O bObP bDbKObPbDKb.bP bDbKObBbO bObO bObB
2 1 6 g5
bObP bDbKObPbDKb.bP bDbKObBbO bObO bObB bObP bDbKObPbDKb.bP bDbKObBbO bObO bObB
6 5 6 2
bObP bDbKObPbDKb.bP bDbKObBbO bObO bObB bObP bDbKObPbDKb.bP bDbKObBbO bObO O
6 5 2 1
P
I N I bBbO
O bIbP O N P bIbO DK bObI DK bObI DK
2 1 2 6
O
. O b.bP b.bN O
bIbP bObDK bObDKbObDKbDbKObIbP bIbO bPbO bPbO bPbDK
2 1 6 g5
bObDKbObDKbDbKObIbP bIbO bPbO bPbO bPbDK bObDKbObDKbDbKObIbP bIbO bPbO bPbO P
6 5 6 2
bObP O
Ir bObP O P
P B bObP O Ir bObP O
P P B
6 5 2 1
P
I N I bBbO
O bIbP O N P bIbO DK bIbO DK bIbO DK
2 1 2 6
O
. O b.bP b.bN
O bIbP bObB bObI bObP bObI bObB bObI bObP bObI bObB
2 1 6 g5
bObI bObP bObI bObB bObI bObP bObI bObB bObI bObP bObI bObP b.bO b.bO b.bO b.bB
6 5 6 2
bObI bObP bObI bObB b.bO b.bP b.bB b.bI bIbO
b.bI bObB O bBbO b.bIbIbP bIbO
6 5 2 1
b.bIbIbP b.bO b.bI I O
P N P
. N N . I
P DK
Kembali ke irama I :
. 2
. 1 . 2
. 6 . 2 . 1 .
6 . g5
bPbO b.bP I bPbO b.bP
I b.bP O bIbP bPbO b.bP bIbP bPbO
b.bP bIbP bPbO
.
6 . 5 . 6
. 2 . 6 . 5 .
2 . 1
b.bP bIbP bPbO b.bP bIbP bPbO b.bP bIbP bPbP P
. O O O O O
.
2 . 1 . 2 . 6 . 2
. 1 . 6 . g5
O
O bPbO B bIbP P bObP I bPbO b.bI bObP N bPbN
N bIbP DK
. 6
. 5 . 6 . 2 .
6 . 5 . 2
. 1
N .
. D B
O B D B O
B D B O B D
. 2
. 1 . 2
. 6 . 2 . 1 .
6 . g5
B D
P D bbIbP P bObP I bPbO
b.bI bObP bDbKbDK b.bDKDKN .
.
6 . 5 . 6
. 2 . 6 . 5 .
2 . 1
.
bPbB b.bD bBbO b.bO
bObO b.bO bObO bPbO b.bI bObP B bIbP P
O .
Transisi ke irama II :
2 1 2 6
.
P . I . N
. I . B O O B
O I O
2 1 6 g5
I
O P B I bObP bBbO I bPbO b.bI bObP bBbO bObO
O .
b.bP
6 5 6 2
b.bN O
. DK N
. . D B O
B D . bPbB b.bD bBbP
6 5 2 1
b.bN O
. DK N
P O D B O
B D . bPbB b.bD bBbP
2 1 2 6
b.bN O
. DK N
. . D B O
B D . bPbB b.bD bBbP
2 1 6 g5
b.bN bObI b.bP bDbKN . bPbB b.bD bBbO b.bN O N P O bBbO O
DK
6 5 6 2
.
O b.bP O P
bBbO O DK .
O b.bP O P
bBbO O DK
6 5 2 1
.
O b.bP O P
bBbO O DK bObP P bObP I P N
P DK
2 1 2 6
bObP O
Ir bObP O bBbO O
DK bObP
O Ir
bObP O bBbO .
bIbP
2 1 6 g5
b.bN bObI b.bP bDbKN . bPbB b.bD bBbO b.bO bObO b.bO bObP bBbO
bObB bObP bIbP
6 5 6 2
bIbO
b.bI bIbO b.bP bIbP P O . bPbP I
N b.bDK bObI bObDKbObI
bObP
6 5 2 1
b.bN bObI b.bP bDbKN . bPbB b.bD bBbO b.bN O N P O B
O I
2 1 2 6
bPbO b.bP O P O B
O I bPbO b.bP O P O
B O I
2 1 6 g5
bPbO b.bP O P O B
O I B O . I P
O . I
6 5 6 2
B
O . I P O
. I P P P P .
O . .
Ke ketukan berikut :
.
6 . 5 . 2
. 1
bBbO bObB bObI bObDK bObI bObDKbObI
bObDK
. 2
. 1 . 2
. 6 . 2 . 1 .
6 . g5
P
I N I bBbO
bObB bObI bObI bObP
bBbO bIbP bNbP b.bB N bIbP DK
.
6 . 5 . 6
. 2 . 6 . 5 . 2
. 1
N
. . D B O
B D B O B D B
O B D
. 2
. 1 . 2
. 6 . 2 . 1 .
6 . g5
D B
P B O
O O bIbP bPbP
P bIbP bBbO bObO O D D
.
6 . 5 . 6
. 2 . 6 . 5 . 2
. 1
O O
P B bObO O D D P
I N b.bP b.bN
N bIbP DK
. 2
. 1 . 2
. 6 . 2 . 1 .
6 . g5
bObP b.bP O I bObP
b.bP O I bObP b.bP O N N
N P DK
.
6 . 5 . 6
. 2 . 6 . 5 . 2
. 1
bObP b.bP O I bObP
b.bP O I bObP b.bP O N N
N bIbI
b.bP
. 2
. 1 . 2
. 6 . 2 . 1 .
6 . g5
bPbpP P
bIbI b.bP bPbpP P bIbI b.pbppP bpPbP P bObI bObB bObI bObP bObI bObB
.
6 . 5 . 6
. 2 . 6 . 5 . 2
. 1 bObI bObP bObI bObB bObI
bObP bObI bObB bObI bObP bObI bObP b.bO b.bO b.bO .
. 2
. 1 . 2
. 6 . 2 . 1 .
6 . g5 b.bO
b.bO b.bP B bIbP P bObP I bPbO
b.bI bObP bNbP b.bN P bDbB b.bP
.
6 . 5 . 6
. 2 . 6 . 5 . 2
. 1
b.bB
O .
N N .
. N N P O bDbB bObB D
B bDbB
. 2
. 1 . 2
. 6 . 2 . 1 .
6 . g5
bObB D
P B bIbP P bObP I bPbO b.bI bObP bNbP b.bN P
bDbB b.bP
.
6 . 5 . 6
. 2 . 6 . 5 . 2
. 1
b.bB O
. N N . . N P
I P N O O
O O
. 2
. 1 . 2
. 6 . 2 . 1 .
6 . g5 O O bPbO
B bIbP P bObP I bPbO
b.bI bObP bNbP b.bN
N bIbP DK
.
6 . 5 . 6
. 2 . 6 . 5 . 2
. 1
N .
. D B O
B D B O B D B
O B D
. 2
. 1 . 2
. 6 . 2 . 1 .
6 . g5
B
D P B bIbP
P bObP I bPbO b.bI bObP SSN P
S I N
.
TROPONGAN :
2
1 6 5 2 1
6 5 2 1 6 5 3
2 1 2
.
N . . bpIbP
P bbbObP I bPbO b.bI bObP BO bIbP P . O
3
2 1 2 3 1 2 3 5 6
! 6 5 3 2 1
P
I N I bBbO
bObB bObI bObI bObP
bBbO bIbP bNbP b.bN O . bDbKbDK
5
3 2 1 5 3
2 1 5 3 1 2 3
5 6 5
b.bDKO . bDbKbDK b.bDKO . bDbKbDK b.bDKO bIbP bObP I O bIbP
bObP
6
3 5 6 ! 6
5 6 5 3 2 3 2
1 6 g5
I
O bIbP O P
I N I bBbO
bObB bObI bObDK bObI
bObDKbObI bObDK
2
1 6 5 2 1
6 5 2 1 6 5 3
2 1 2
O
O bPbO B bIbP P
bObP I bPbO b.bI bObP bDbKbDK b.bDKDKN .
3 2
1 2 3 1 2 3 5
6 ! 6 5 3
2 1
.
bPbB b.bD bBbO b.bO
bObO b.bO bObO bPbO b.bI bObP B bIbP P
O .
5
3 2 1 5 3
2 1 5 3 1 2 3
5 6 5
P
I N I bBbO
bObB bObI bObI bObP
bBbO bIbP bNbP b.bN O . bDbKbDK
6
3 5 6 ! 6
5 6 5 3 2 3 2
1 6 g5
b.bDKO . bDbKbDK b.bDKO . bDbKbDK b.bDKO bIbP bObP I O bIbP
bObP
2
1 6 5 2 1
6 5 2 1 6 5 3
2 1 2
I
O bIbP O P
I N I bBbO
bObB bObI bObDK bObI
bObDKbObI bObDK
3
2 1 2 3 1
2 3 5 6 ! 6 5
3 2 1
O
O bPbO B bIbP P
bObP I bPbO b.bI bObP bDbKbDK b.bDKDKN .
5
3 2 1 5 3
2 1 5 3 1 2 3
5 6 5
.
bPbB b.bD bBbO b.bO
bObO b.bO bObO bPbO b.bI bObP B bIbP P
O .
6
3 5 6 ! 6
5 6 5 3 2 3 2
1 6 g5
P
I N I bBbO
bObB bObI bObI bObP
bBbO bIbP O bPbN O b.bD bBbO
2
1 6 5 2 1
6 5 2 1 6 5 3
2 1 2
bObD bBbO bDbO bBbO bObD bBbO bDbO bBbP b.bN O
I O . N N bIbP
3
2 1 2 3 1
2 3 5 6 ! 6 5
3 2 1
bPbP P
D I N . . b.bP bPbP bPbD bIbD B bDbB bIbD bIbO bDbO
5
3 2 1 5 3
2 1 5 3 1 2 3
5 6 5
bIbN bIbO bDbO bIbN bIbO bDbO bDbO bDbO bIbN bIbO bDbO bIbN bIbO bDbO bDbO bDbO
6
3 5 6 ! 6
5 6 5 3 2 3 2
1 6 g5
bIbN bIbO bDbO bIbN bIbO bPbO bBbO I bPbP b.bI b.bP bObO b.bO B
bPbP .
IV.
Dasar Tari Remo
Menurut Para Seniman Tentang Tata Gerak Tubuh Dalam Penari Yang Dirangkum Oleh
Penulis Dalam Unsur Asisapaponglati.
Unsur
asisapaponglati terdiri dari adeg,siku,sabet,pacak,polatan,ngelaras,ngayati.
Asisapaponglati sebagai dasar ukuran penilaian kualitas ataupun kemampuan
kepenarian dalam tari remo,masing-masing aspek asisapaponglati tersebut dapat
diuraikan sebagai berikut :
1.
Adeg
Dimaksud
sebagai ukuran posisi tubuh dari ujung kepala hingga ujung kaki. Tekniknya
adalah, posisi kepala dan punggung tegak,kedua lutut menghadap kesamping
membentuk siku kurang lebih 65derajat.
2.
Siku,lengan,tangan
Dimaksudkan
sebagai cara mengatur posisipersendian tangan maupun siku,sesuai dengan ukuran
gerak yang diperlukan.
3.
Sabetan
Cara melakukan
gerak tari,pola irama,dan tempo dalam gerak satu ke gerak yang
lainnya,keserasian gerak tangan dan kaki merupakan kemampuan penari dalam
mengatur irama dan tempo gerak.
4.
Pacak
Kondisi tubuh
saat melakukan gerak tari yang tidak lagi seperti subyek yang sedang melakukan
gerak,tetapi benar-benar sudah menari
5.
Polatan
Arah hadap
pandangan sesuai dengan gerak kepala yang diterapkan pada setiap gerak tari
6.
Nglaras
Keselarasan
antara gerak tari sesuai dengan gerak tarinya,dalam upaya ini seorang penari
perlu merasakan irama gerak dan irama musik.
7.
Ngayati
Kemampuan penari dalam mengalirkan
jiwanya keseluruh tubuh,yaitu mengalirkan sebuah getaran atau magnet keseluruh
tubuh sehingga berbagai gerak tari yang dilakukan memiliki daya hidup.
V.
Pembahasan vidio tari remo putra dengan
pendekatan Hastha Sawanda
Dalam
pengamatan kelompok kami, ada berbagai hal yang dapat dijelaskan dari beberapa
prinsip hastasawanda seperti tangan yang geder, seblak sampur badan sedikit di
bungkukan, badan mengikuti tangan saat seblak sampur, gongseng pas dengan
musik,tanjak sesuai dengan gaya remo munali fattah yaitu tanjak tengah dengan
ekspresi mlete sesuai dengan gaya remo putra. Patah-patah gerakan dan gongseng
sesuai dengan irama membuat kesan gagah dan dinamis dalam tari remo putra
menjadi lebih menonjol, beliau pas dengan karakternya seperti yang sudah
dijelaskan diatas bahwa karakter tari remo yang gagah dan bringas, dari
ekspresi ketegasan tarinya sesuai dengan tari munali fatah,kecepatan tempo
sesuai.
Sebelum membahas secara mendetail keterangan di atas, kami akan
mendeskripsikan kostum pada tari remo putra. Yang terdiri dari :
a.
Udeng i.
Rapek
b.
Anting j. Stagen
c.
Bros k.
Dodotan
d.
Baju l.
Pangkat
e.
Kace m. Kris
f.
Deker n. Sabuk
g.
Sampur merah
dan putih o. Gongseng
h.
Boro – boro
samir p. Celana
Sedangkan
riasan dalam tari remo putra memakai rias / model rias Sawunggaling. Setelah di
sebutkan dan kita mengetahui rias dan pakaian tari remo putra, kami berpendapat
bahwa riasan yang ada di dalam gambar di atas memiliki kelebihan dan kekurangan
dilihat dari pandangan anggota kelompok
kami. Menurut kami eyeshadow nya kurang di tarik, bedak nya terlalu putih
sehingga membuat wajah menjadi pucat,
gambar godeg nya kurang jelas, sedangkan ada beberapa pendapat yang mengatakan
bahwa face muka beliau sudah mlete sehingga walau di riaspun tetap mlete atau
karakternya tetap muncul. Riasan pada video tersebut menggunakan riasan pada
jaman dulu, sedangkan jika dilihat dengan jaman sekarang masih bisa
dikembangkan lagi, bentuk alis, godeg, brengos, dan sedikit aksen pada dahi.
Poin kedua
setelah rias pada poin kedua setelah rias adalah fisik dari sang penari.Dalam
video tersebut tari remo putra di tarikan oleh Bapak Pundjul Pitono, M. Sn.
Beliau memiliki ciri fisik perut buncit,badan ideal,kulit sawo matang,berambut
panjang,brewok,berotot. Tetapi di dalam video tersebut fisik beliau terlihat
bungkuk dan memiliki tubuh yang lebih pendek.
Setelah
membahas fisik beliau kami membahas gending dalam video tersebut. Irama gending
yang dibawakan kurang pas, ada beberapa gending yang ditariakan mendahului dan
ada yang melambat. Tetapi pada gerakan patah-patah selalu pas dengan irama
gendang, dibalik kekurangan dan kelebihan yang sudah kami sebutkan, beliau
dapat mengangkat karakter tarian menjadi karakter yang diinginkan dan pembawaan
beliau sedikit kurang tenang dikarenakan kostum yang kurang nyaman .
Ada beberapa
pendapat yang mengutarakan bahwa tarian yang dibawakan beliau terlalu bringas
dan kurang terkontrol, seperti dalam teknik yang dibawakan nya sedikit ada yang
kurang benar karna terburu-buru saat melakukanya. Penyampaian beliau dalam
tarian ini kami rasa sudah mencapai di menset para mahasiswa karena beliau bisa
membuat tarian tersebut menjadi sebuah tarian yang mengkisahkan tentang
kepahlawanan dan perjuangan seorang pahlawan.
Volume dan
tenaga dalam peragaan tari remo putra yang diperagakan oleh beliau tidak
seimbang,sehingga membuat gerakan remo tersebut kurang pas.unsur gerak dalam
tari remo ini selalu memilki penghubung disetiap ragam seperti :
Kelompok
A (solah kawitan atau ajon-ajon )
1.
lampah
pinjalan-mapan tanjak
2.
gedrug
lombo-rangkep-iket
3.
nebak bumi
–keter-iket sabetan
4.
lampah
lombo-rangkep atau lampah lombo-brajagan
5.
iket sabetan
kelompok
B 1 (solah pangruwat)
6.
kipatan sampur
–nggelap-keter-iket
7.
gendewa
lombo-rangkep-iket
8.
tebakan-gedrugan-iket
kelompok
B 2 (solah busana )
9.
ngore rekma- singgetan
10. ceklekan-singgetan
11. seblakan –singgetan
12. gedrugan-iket
13. lampah lombo-rangkep-iket
14. ngayam alas –iket sabetan
kelompok
C 1 (solah gredoan )
15. tranjalan –singgetan
16. entrog lombo –rangkep-singgeten
17. tepisan-singgetan
18. klewasan-keter-iket
kelompok
C 2 (solah badar )
19. ngalandak
20. telesikan –iket
21. tatasan lombo –lampah lombo
22. tatasan rangkep-iket
23. ngayam alas-iket sabetan
kelompok
D (solah pungkasan )
24. bumi langit kanan –keter-iket sabetan
25. bumi langit kiri-keter-iket sabetan
26. bumi langit depan –sigeg mapan tanjak
Berikut ini
merupakan pendapat masing – masing kelompok tentang nilai estetika yang muncul
setelah mengamati vidio Remo Putra yang di tarikan bapak Pundjul Pitono, M. Sn.
:
Bella : Nilai
estetika muncul saat ada beberapa perpindahan dari gerak satu ke gerak lain,
seperti saat mengambil sampur lalu gedrugan, saat itu posisi badan beliau
mengikuti arah sampur lalu tanjak seperti biasanya dan beliau melakukannya
dengan santai tapi tetap menunjukan kemletean nya.
Ajeng : Nilai
estetik dari tari remo terdapat pada perpindahan ragam gerak dan gerakan yang
dinamis dalam tari remo.
Rizal : Menurut
saya nilai estetika muncul ketika memainkan dinamika dan tempo - tempo dalam
tarian tersebut.
Errina :
Karakteristika yang muncul dari tari remo yang dibawakan pak pundjul adalah
gerakan kaki yang rancak dan dinamis. Gerakannya didukung dengan pemakaian
gongseng yang dipasang di pergelangan kaki. Gongseng ini berbunyi sesuai dengan
gendhing saat pak pundjul melangkah atau menghentak di panggung. karakteristika
yang lain yakni gerakan selendang atau sampur, gerakan anggukan dan gelengan
kepala, ekspresi wajah, dan kuda-kuda pak pundjul sesuai dengan gambaran
karakter dinamis tari remo yaitu penggambaran masyarakat jawa timur terutama
surabaya Yang berani, jiwa kepahlawanan dan tidak pernah mundur maka sesuai
dengan tari remo yg koreografinya menggunankan langkah maju.
Grinda : Secara
tehnik sangat bagus , adeg tanjak pas . Pembawaan sesuai karakter tari remo.
Ni’ma : bagi saya nilai estetika yang muncul dalam
peragaan tari remo putra yang di lakukan beliau terletak pada karakter dirinya
yang sebenarnya. Sehingga akan muncul karakter tari remo yang memang mlete dan
cakrak.
KESIMPULAN
Bahwa setiap daerah memiliki istilah
untuk mengenal unsur unsur dalam sebuah pagelaran tari. Sedangkan nilai
estetika dalam sebuah garap karya tari akan berbeda-beda dari setiap pemikiran
apresiatornya...
Komentar
Posting Komentar